Translate

Cek Semua No Resi Anda Di Sini

Manusia Dan Ilmu

Makhluk tuhan yang berfikir adalah manusia. Berfikir mencirikan bahwa dirinya itu memiliki berpotensi, dengan kata lain manusia yang tidak berfikir merupakan manusia yang tidak memiliki potensi. Daya berfikir adalah suatu cara atau bahkan potensi seseorang untuk berfikir. Bidang garapan Ilmu diarahkan kepada komponen‑komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

Beberapa cara berfikir yang dimiliki manusia secara keseluruhan yakni:

1. Taksonomis

Cara berfikir Taksonomis adalah suatu proses cara berfikir memilah-milah berdasarkan kategori tertentu. Proses ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dengan menyusun klasifikasi, yang pada akhir tujuannya adalah menyederhanakan fenomena dan gejala dalam kategori.

2. Logis

Cara berfikir Logis adalah suatu proses cara berfikir yang memadukan cara berfikir deduksi dan induksi. Cara berfikir logis ini merupakan proses untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan dengan menggunakan teknik berfikir yang telah ditetapkan dalam aturan logika formal.

a. Cara berfikir deduksi adalah suatu proses cara berfikir dari berfikir yang umum menuju kepada yang khusus,

b. Cara berfikir induksi adalah suatu proses cara berfikir logis, yakni mempersatukan persamaan dan menyisihkan perbedaan.

3. Dialek

Cara berfikir dialek adalah suatu proses cara berfikir yang mengurut dari tesis, anti tesis dan sintesis. Dalam cara berfikir ini adalah perbedaan yang ditonjolkan.

4. Simbolis

Cara berfikir simbolis adalah suatu proses cara berfikir yang menggunakan simbol-simbol lingkaran kebudayaan. Selain itu, cara berfikir simbolis juga merupakan proses untuk memperoleh pemahaman dan pengetahuan dengan melihat fenomena sebagai lambang (simbol) ilmu (pengetahuan ilmiah) tidak bertujuan untuk mencari kebenaran absolut, melainkan kebenaran yang bermanfaat bagi manusia dalam tahap perkembangan tertentu.

5. Intuitif

Cara berfikir intuitif adalah suatu proses cara berfikir yang dilakukan tiba-tiba khususnya dikalangan orang tertentu. Cara berfikir intuitif ini merupakan proses cara berfikir untuk mendapatkan pengetahuan dengan segera tanpa terlalu memperdulikan prosedur dan langkah untuk sampai pada pengetahuan tersebut.

Ref:

1. Materi Perkuliahan Drs. Cik hasan Bisri, MS

2. Jujun S. Suriasumantri. 1982. Filsafah Ilmu:Sebuah Pengantar Populer. Jakarta:Sinar Harapan.